onehearth
logo
Minggu, 15 Mar 2020 11:26

Mengenal Throttle by Wire New Honda CBR250RR

Mengenal Throttle by Wire New Honda CBR250RR

 

All New Honda CBR250RR dipersenjatai dengan sederet fitur unggulan. Salah satunya penyematan teknologi Throttle by Wire (TBW). Seperti apa cara kerjanya?

Dijelaskan oleh Handy Hariko, Departement Head Technical Training PT Astra Honda Motor (AHM), TBW memiliki perbedaan dari cara kerja dan komponen mekanis dibanding sistem gas kabel konvensional.

“Kabel gas standari diganti dengan kabel bertegangan listrik yang mengatur bukaan akselerasi lewat sensor Accelerator Position Sensor (APS),” ucapnya.

Sinyal dari APS yang terletak di selongsong gas kemudian dibaca oleh ECU untuk kemudian datanya disalurkan pada Throttle Valve untuk kemudian mengatur debit bahan bakar dan udara di mesin.

Oiya, karena diatur secara elektronik, maka karakter akselerasi bisa diatur dengan menambahkan fitur riding mode seperti di CBR250RR.

Keuntungan lainnya, bukaan gas yang didapat dengan penggunaan TBW adalah memberikan pengaturan yang lebih presisi untuk output mendapatkan akselersi yang diinginkan pengendara. Selain itu, gejala putus kabel gas juga bisa dieliminasi.


Pencarian

Website Honda CBR

Ikuti

SOCIAL MEDIA

Instagram

@honda.community

Twitter Stream

@hondacomm

Facebook Page

facebook.com/hondacomm