onehearth
logo
Jumat, 20 Apr 2018 21:55

Lirik Spesifikasi Mesin Honda CBR 500R, Powernya Luar Biasa Bro

Lirik Spesifikasi Mesin Honda CBR 500R, Powernya Luar Biasa Bro

AHM melengkapi kehadiran jajaran big bike Honda dengan memperluas dan meningkatkan layanan premiumnya di jaringan sepeda motor Honda di Indonesia.

Salah satunya melalui produk CBR500R.

CBR500R didukung mesin 500cc DOHC (mampu menghasilkan 35kw dan konsumsi bahan bakar 26,8 km/liter dengan mode WMTC) dan rangka besi diamond tube yang tetap sama.

Lampu depan dan belakang LED semakin menambah tampilan premium.

Kapasitas tangki yang semakin besar dengan pengembangan detail tutup tangki hinged fuel cap, sistem pengereman yang diatur sampai 5 level sesuai dengan karakter pengendara, perubahan bentuk tempat duduk dan penggunaan kunci kontak bergelombang atau wave yang meningkatkan kenyamanan serta tampilan saat berkendara.

Sensasi berkendara meningkat dengan penambahan  suspensi depan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara, pengaturan shift drum desain baru untuk menghasilkan perpindahan transmisi yang lembut, short muffler baru dengan suara yang semakin khas dan berkelas  semakin memancarkan suara karakter mesin CBR.

Dalam pengembangan model ini Honda berkomitmen untuk mempertahankan modelnya yang compact, namun tampil unik dan garis yang tajam.

Model ini mengadopsi DNA CBR1000RR yang memiliki garis bodi berkarakter sporti dengan desain Supersport yang agresif.

Dari sisi tampilan sisi depan yang dilengkapi dengan bentuk fairing semakin tajam dan sporti menyisir setiap lekukan sudut hingga lampu belakang.

Sudut yang tajam dari lampu depan ganda dengan teknologi LED tampil compact namun hadir dengan pencahayaan yang terang dikombinasikan dengan lampu senja (postion lamp) berkontribusi memberikan tampilan sudut  CBR500R yang tegas.

Lubang udara diatas lampu utama mampu mengalirkan udara masuk ke dalam fairing dan mengurangi tekanan udara secara frontal; saluran udara di bagian bawah fairing samping mampu mengurangi gerakan perputaran udara dan menghasilkan aliran udara lembut diantara helm pengendara.

Sensasi berkelanjutan dengan tema desain dari kontur sudut permukaan fairing cowl sekaligus menjadi saluran untuk membantu aerodinamika dan aliran udara ke kotak udara, ditambah dengan detail bodi tengah yang menyatukan garis karakter dan bentuk di sisi cowl dan fuel tank.

Setiap garis saling berkait melengkapi  dan dengan adanya fairing  dengan aplikasi warna hitam sebagian, memberikan kesan compact pada keseluruhan desain CBR500R ini.

Penambahan detil untuk memberikan manfaat maksimal bagi pengendara meliputi tutup tangki yang dilengkapi dengan engsel  dan tingkat pengereman yang bisa disesuaikan hingga 5 tingkatan.

Desain baru kunci kontak bergelombang lebih lembut saat dioperasikan dan memberikan kesan premium saat digunakan.

Pijakan kaki pengendara dan pembonceng telah dikurangi dari ukuran sebelumnya dan semakin memberikan sentuhan berkelas dan berkualitas dengan penyematan alumunium die-cast yang terintegrasi dengan pegangan pembonceng.

Kursi pembonceng terlihat lebih kecil dengan diberi sentuhan lensa lampu belakang LED and desain spakbor belakang yang terbuat dari plat besi  yang bisa dibongkar pasang sesuai dengan keinginan pengendara.

Fitur dasbor yang  lengkap  dilengkapi dengan speedometer digital, takometer digital, odometer, dual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar.   

HISS (Honda Intelligent Security System) terintegrasi dengan kunci kontak, dan tersedia bagasi kecil dibawah tempat duduk belakang untuk penyimpanan.

Honda CBR500R hadir dengan dua pilihan warna yaitu Gunpowder Black dan Millenium Red.

CBR500R dilengkapi dengan mesin 8-valve liquid-cooled parallel twin mampu menghasilan layout yang memberikan keseimbangan sempurna untuk ukuran tubuh dan performa yang fleksibel.

Proporsi segitiga dari crankshaft, main shaft dan countershaft setipe dengan mesin Honda four-cylinder RR dan didukung banyak dari struktur dalam dan rekayasa teknik  diadopsi langsung dari CBR600RR dan CBR1000RR.

Ukuran diameter dan langkah model ini 67mm x 66.8mm; cranckshaft pins dengan sudut 180O dan primary couple-balancer diposisikan di belakang silinder, sangat dekat dengan pusat gravitasi motor ini.

Primary dan balancer gear berbentuk gerigi untuk meminimalisir suara.

Crank counterweight di desain dengan bentuk khusus untuk couple-balance dan beban ringan mesin untuk bergerak bebas dan lincah.

PGM-FI fuel injection menghasilkan performa menakjubkan dan tenaga mencapai puncak 35kW  tiba di 8.500 rpm di torsi 43Nm pada 7.000 rpm.

Mesin ini berfungsi untuk memberikan penekanan yang melibatkan kekuatan rangka yang dilengkapi dengan 4 frame hanger yang ada di cylinder head.

Di dalam mesin, cylinder head menggunakan roller rocker arm, penyetelan katup tipe shim berproses menghasilkan tekanan yang rendah di valve-spring dan mengurangi gesekan.

Cam chain tanpa suara (rantai SV) dengan permukaan dari pins yang telah dilumuri dengan Vanadium untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan perlindungan dari debu.

Katup inlet berdiameter 26.0 mm dengan katup pembuangan berdiameter 21.5mm.

Diameter piston yang berukuran 67mm sangat identik dengan CBR600RR.

Bentuk piston sesuai dengan yang diaplikasikan di CBR1000RR untuk mengurangi tingkat kebisingan piston saat di rpm tinggi.  Gesekan dikurangi dengan penambahan tekstur di pinggir piston (sentuhan di area permukaan ini mampu menghasilkan jarak antara oli untuk memberikan pelumasan optimal).

Crankcase memanfaatkan gaya sentrifugal menghasilkan dinding bertekstur tipis, dan nilai diameter sama seperti CBR600RR membantu menjadi compact dan ringan.

Desain internal mengurangi  kehilangan pemompaan yang dihasilkan dari sudut 180° dari urutan pengapian.

Dengan menggunakan struktur dinding yang sama dengan CBR1000RR, pemompaan oli meningkatkan kinerja aerasi dengan mengurangi gesekan; air yang menggenangi ini akan mengurangi gerakan oli saat belokan tajam dan pengereman.  Kapasitas oli adalah 3.2 liter.

Kotak transmisi 6 percepatan serupa dengan RR yang menggunakan transmisi yang sama sesuai desain swing arm dan mekanisme yang saling bertautan.

Perubahan di 2016 in akan membuat berkendara di perkotaan lebih nyaman, shift drum stopper spring loads telah diperbaiki sejalan dengan perubahan bentuk dari shift drum pusat.  Hasilnya perpindahan gigi yang lebih halus dan mudah.

Rute aliran gas dari kotak udara ke saluran pembuangan langsung dan piringan di dalam kotak udara memisahkan putaran udara ke setiap silinder.

Desain knalpot terbaru dengan desain 2 ruang internal dipadukan dengan pipa penghubung berlubang; secara bentuk lebih pendek (ditambah dengan sentralisasi massa), lebih ringan 2 kilogram dan menghasilkan suara raungan yang mengesankan saat menarik tuas gas.

CBR500R memiliki diameter besi 35mm tipe diamond-tube sebagai rangka utama yang ringan dan kuat dengan penyelerasan yang sesuai memberikan kenyamanan bagi pengendara di berbagai kondisi jalanan.

Bentuk dan posisi dari engine mount ditambah dengan keseimbangan kekuatan rangka mampu mengurangi getaran.

Jarak sumbu roda 1410mm dengan sudut kemiringan supensi depan dan trail telah disesuaikan di 25.5°/102mm menghasilkan kelincahan dan pengendalian yang sempurna.

Sentralisasi massa dimana mesin sangat dekat dengan titik swingarm pivot memberikan kelincahaan saat bermanuver dan optimalisasi distribusi beban depan / belakang menghasilkan stabilitas sempurna. Berat kotor 194 kg.

Ketinggian jok 785mm, membuat CBR500R sangat mudah dikendalikan dan posisi berkendara yang sporti memberikan kenyamanan pengendara dengan postur tubuh yang berbeda berkat posisi stang yang relatif tinggi.

Dimensi keseluruhan model ini adalah 2081mm x 756mm x 1150mm dan jarak ke tanah 140mm.  Kapasitas tangki sebesar 16.7 liter sudah termasuk penyimpanan cadangan.

Suspensi depan teleskopik berukuran 41mm dan 120mm stroke memberikan pengendalian sempurna dan di tahun 2016 ini model CBR500R dilengkapi dengan suspensi yang bisa diatur tingkat redamannya serta penyematan warna biru di sisi atas suspensi yang memberikan kesan mewah dan modern.

Suspensi Pro-Link disematkan di sisi belakang dengan pengaturan hingga 9 tingkatan bekerja melalui box-section swingarm besi yang kuat.  Sensasi berkendara sempurna dihasilkan dari 520 sealed chain.

Velg berukuran 17 inchi terbuat dari alumunium berbobot ringan dengan mengaplikasikan bentuk jari-jari Y yang saling bersilangan.

Lebar velg depan berukuran 3,5 inchi dengan spesifikasi ban 120/70-ZR17, sementara itu velg belakang berukuran 4,5 inchi dengan spesifikasi ban 160/60-ZR17. 

Rem cakram depan beralur gelombang dengan ukuran 320mm dan kaliper rem berpiston ganda sangat pas diaplikasikan di piringan rem belakang dengan ukuran 240mm dan kaliper piston tunggal.  Pemasangan di tipe ABS sama dengan tipe standar.

Honda CBR500R dipasarkan dengan harga OTR (DKI Jakarta) Rp 144.000.000,- telah dilengkapi dengan teknologi ABS untuk kenyamanan dan keamanan optimal. 


Pencarian

Website Honda CBR

Ikuti

SOCIAL MEDIA

Instagram

@honda.community

Twitter Stream

@hondacomm

Facebook Page

facebook.com/hondacomm